Senin, 20 September 2021

 Jenis-jenis Evaluasi Pembelajarann IPS


Nama : Dendy Nurkhosim

Kelas: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 5-A

NIM : 12209193052


    Evaluasi pembelajaran merupakan upaya untuk menggali informasi mengenai kemajuan pembelajaran yang sudah tergapai terhadapa peserta didik maupun pendidik agar ada perbaikan yang dilakukan, hal ini agar pembelajaran semakin baik dan bermutu. adapun jenis-jenis evaluasi meliputi: Evaluasi Diacnostic, Evaluasi Penempatan, Evaluasi Formmatif, Evaluasi Sumatif, Evaluasi Selektif.

  • Evaluasi diagnostic mengacu kepada kesulitan maupun hambatan yang tenngah dialami oleh sorang siswa. Dengan memahami hal tersebut nantinya diharapkan bisa diketahui pemecahan masalah yang dialami.
  • Evaluasi penempatan, mengacu tterhadap penempatan posisi yang sesuai dengan bakat dan kemampuan dari siswa. Hal ini dikaji dengan memperhatikan kondisi belajar siswa dan menempatkannya dengan lingkungan yang sesuai.
  • Evaluasi Formatif mengacu terhadap perbaikan proses belajar, evaluasi ini setelah menyelesaikan sebuah kompetensi dasar nantinya akan dilakukan analisa dan diperbaiki proses pembelajaran yang lebih baik..
  • Evaluasi Sumatif mengacu terhadap hasil belajar yang telah dilakukan selama satu semester. 
  • Evaluasi Selektif mengacu kepada pemilihan siswa yang memiliki kompetensi, biasanya dilakukan dalam penerimaan siswa baru maupun penyeleksian siswa untuk kebutuhan lomba mauoun event.
Namun dalam pandangan kurikulum jenis-jenis evaluasi terbagi menjadi empat bagian yakni: Evaluasi Refleksi, Evaluasi Rencana, Evaluasi Proses, dan Evaluasi Hasil.

  • Evaluasi Refleksi mengacu terhadap ide yang dikembangkan untuk dijadikan dasar kurikulum.
  • Evaluasi Rencana mengacu pada format-format tertentu, keterbacaan, hubungan antar komponen dl yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.
  • Evaluasi Proses mengacu terhadap kurikulum sebagai kegiatan dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi kurikulum tersebut. seperti kepala sekolah, guru dll.
  • Evaluasi Hasil mengacu terhadap hasil belajar yang mencakup pengatahuan, ketrampilan dan sikap
    Adapun pelaksanaan evaluasi pembelajaran memiliki tujuan yang ingin dicapai yakni: 1. Mengatahui proses belajar peserta didik agar sesuai dengan rencana program pendidikan yang telah dirancang sebelumnya, 2. Mengecek pencapaian kemempuan siswa dalam proses pembelajaran, 3. Mencari dan menemukan kekurangan mauupun kelemahan siswa ketika proses pembelajaran, 4. Menyimpulkan tingkatan penguasaan siswa terhadap kompetensi yang nantinya bisa digunakan untuk laporan tingkat kemajuan siswa.

0 komentar:

Posting Komentar