Menyajikan Analisis Skor Penilaian Pembelajaran IPS
Dendy nurkhosim
12209193052
Tadris IPS-5A
Universitas Sayyid Ali Rahmatullah
Penilaian adalah merupakan sebuah proses penilaian terdap tingkat keberhasilan sebuah program pembelajaran serta juga bisa dijadikan acuan dalam pembenahan program pembelajaran agar lebih baik. Penilaian juga bisa dijadikan bahan laporan terhadap orang tua wali agar mengatahui bahawa siswa tersebut meningkat atau menurun dalam proses pembelajaran. Ada berbagai macam penilaian yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti tes pilihan ganda, esay, uraian dll. Sebuah penilaian perlu dilakukan dalam penyelengaraan tes atau evaluasi pembelajaran sebab hasil jawaban dari tes atau pun sebuah evaluasi pembelajaran tidak akan memiliki sebuah arti tanpa adanya peneliaan, dengan kata lain tes tersebut tidak memiliki bobot yang semestinya. Ketika melakukan sebuah penilaian kita juga perlu memperhatikan aturan-aturan yang ada sebab jika melakukan penilaian tanda mempunyai arah maka akan di khawatirkan tujuan dalam pembelajaran tidak akan tercapai.
Skor
skor adalah hasil dari memberikan angka yang diproleh dari menjumlahkan angka-angka dari setiap butir yang telah dijawab oleh siswa atau orang yang sedang menjalani tes. misalkan seorang siswa memiliki skor 50 dalam sebuah tes esai. siswa mampu menjawab semua pertanyaan esai dengan benar semua dimana memilki 5 soal. namun skor ini belum bisa dikatakan sebagai nilai atau bisa disebut sebagai skor mentah (raw score) sebab untuk bisa dinamakan skor masih memerlukan pengelolaan.
Bobot
Bobot butir tes merupakan besarnya angka yang telah ditetapkan untuk satu soal ujian yang di ujikan oleh penguji. dalam penentuan bobot soal ditetapkan adanya perbandingan dengan soal lainnya dalam suatu perangkat uji tes.
0 komentar:
Posting Komentar