Pengelolaan Skor Penilaian Pembelajaran IPS
Nama : Dendy Nurkhosim
NIM : 12209193052
Kelas : Tadris Ilmu Pengathuan Sosial 5-A
Penilaian merupakan sebuah proses dalam pengumpulan dan pengelolaan data atau informasi untuk mengetahui ataupun menetukan hasil belajar peserta didik. Menurut Ralph Tyler (1950) penilaian merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah dicapai. Adapun fungsi penilaian memiliki tujuh poin yakni: 1. sebagai alat untuk mengetahui apakah sudah tercapai tujuan instruksional ataukah belum. 2. sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran. 3. sebagai dasar dalam laporan kemjuan pendidikan untuk orang tua siswa. 4. sebagai seleksi terhadap siswa, sebagai contoh untuk memilih siswa ketika penerimaan sekolah, untuk mengetahui apakah siswa bisa naik kelas atau tidak dll. 5. sebagai diagnosis terhadap siswa yang berkaitan tentang kelebihan dan kelemahan sehingga dapatt diketahui untuk mengatasi kelemahan tersebut. 6. untuk mengatahui seorang siswa ditempatkan dikelompok mana. 7. Sebagai acuan sejauh mana program pembelajaran telah berhasil diterapkan.
Penilaian aspek kognitif adalah kegiatan mental yang bermula dari tingkatan pengetahuan hingga evaluasi. Tujuan dari penilaian ini berfokus pada kemampuan berfikir yang berkaitan dengan kemapuan intelektual yang sederhana. Penilaian aspek sikap yaitu kecenderungan umpan balik dalam merespon sesuatu baik rasa suka, tidak suka, dan setuju. Penilaian aspek keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuannya untuk melakukan tugas tertentu dalam berbagai konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (KD yang berasal dari KI-4).
0 komentar:
Posting Komentar