Alat Evaluasi Tes Pilihan dalam Pembelajaran IPS
Nama : Dendy Nurkhosim
Kelas : Tadris Ilmu Pengettahuan Sosial 5-A
NIM : 12209193052
Alat Evaluasi tes dalam pembelajaran bisa disebut pula dengan jenis-jenis instrumen dalam pembelajaran. Hal ini dibagi mennjadi dua yaitu tes objektif dan tes non-objektif. Tes objektif merupakan sebuah tes tulis yang mengharuskan seorang siswa untuk menjawab soal yang sudah ditentukan mauoun memberikan jawaban secara singkat serta evaluasi dilakukan secara seragam atau obejektif yang terdiri dari empar macam yakni : pilihhan gannda, bbentuk pilihan benarr salah, menjodohkan, serta isian singkat.
a. Pilihan ganda
Tes pilihan ganda sebuah tes yang berisi soal serta beberapa jawaban yang hanya ada satu yang benar dari jawaban tersebut. Bentuk res ini cocok digunakan dalam ujian yang berskala besar.
b. Pilihan Benar-Salah
Bentuk dari pilihan benar dan salah merupakan sebuah soal yang terdiri jawaban yang hanya ada kemungkinan benar dan salah. fungsi dari bentuk soal ini berguna untuk melihat kemampuan peserta didik untuk membedakan antara pendapat dan fakta.
c. Menjodohkan
Bentuk tes ini terdiri dari dua kolom dimana yang satu kolom terdiri dari pertanyaan dan kolom yang satunya terdiri dari jawaban. Siswa ditugaskan untuk menempatkan pertanyaan dan jawaban sehingga tercapai sebuah kecocokan. Tes ini digunakan untuk mengukur tingkat siswa dalam mengidentifikasi berdasakan hubungan yyang sederhana.
d. Isian Singkat
Tes ini dapat dilihat dengan adanya sebuah pertanyaan yang disediakan tempat kosong dibwahnya yang bertujuan sebagai tempat menjawab siswa.
Tes Non-objektif yaitu tes yang pertanyannya membutuhkan jawaban peserta didik untuk menguraikan, mengorganisasikan dan menyatakan jawaban dengan kata-katanya sendiri dalam bentuk, teknik, dan gaya yang berbeda satu dengan yang lainnya, tes ini juga biasa disebut sebagai tes uraian. Tes ini terdiri dari dua bentuk yakni uraian terbatas dan uraian bebas.
a. Uraian Terbatas
Siswa diberikan kebebasan dalam menjawab sebuah pertanyaan akan tetapi jawaban tersebut dibatasi sehingga menjadi jawaban yang terarah. ex: 1. sebutkan tiga stratifikasi sosial yang kamu ketahui.
b. Uraian Bebas
Siswa bebas menjawab sebuah pertanyan dengan sistematika mereka sendiri. Bebas dalam mengungkapkan pendapatnya sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri. Akan tetapi seorang guru harus memiliki sebuah acuan ketika mengkoreksi jawaban dari para siswa.
0 komentar:
Posting Komentar